img

LANGKAH CUCI MUKA YANG BENAR AGAR KULIT BERSIH DARI DEBU DAN KOTORAN

Sudah menggunakan segudang produk pembersih wajah, akan tetapi wajah masih saja terasa kurang bersih dan masalah kulit justru tambah banyak. Bisa jadi anda tidak cuci muka dengan tepat setiap harinya. Banyaknya produk pembersih wajah yang digunakan sebenarnya bukan jaminan untuk bisa mendapatkan kulir yang bersih dan juga bebas dari kotoran. Lalu bagaimana cara mencuci muka dengan baik dan benar? Karena tanpa kita sadari bahwa cara tersebut tidak pernah dilakukan saat mencuci muka. Jika berbicara mengenai muka, semua orang tentunya menginginkan kulit wajah yang bersih, mulus, putih dan tanpa jerawat. Akan tetapi semua itu juga sesuai dengan kondisi kulit masing-masing orang beserta cara merawatnya. Jika muka dirawat dengan baik, sudah pastinya kita tidak akan merasa minder. Seperti halnya dengan mencuci muka dengan baik dan benar yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Inilah Beberapa Langkah Mencuci Muka Dengan Baik dan Benar

Sudah benarkan anda dalam membersihkan mula selama ini? Dibawah ini beberapa panduan cara cuci muka yang benar dan penting untuk anda ketahui.

  • Cuci tangan

Ada banyak orang lalai dalam hal ini, padahal cara cuci muka yang benar yaitu dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Tangan yang kotor justru bisa menyebabkan kotoran di kulit semakin menumpuk. Hal inilah yang nantinya berpotensi menimbulkan jerawat. Jadi sebelum cuci muka, pastikan anda mencuci tangan tersebut sampai bersih terlebih dahulu.

  • Bersihkan makeup dulu

Ada baiknya jika anda tidak langsung mencuci muka menggunakan sabun setelah seharian menggunakan make up. Bersihkan terlebih dahulu make up anda, dengan pembersih khusus seperti micellar water sampai benar-benar bersih. Setelah itu baru basuh wajah anda dengan kain lap lembut yang sudah dibasahi air hangat.

  • Pakai air hangat

Hindari menggunakan air panas jika akan mencuci muka. Pasalnya air panas justru akan membuat kulit anda kering dan rentan mengalami iritasi. Jadi anda bisa menggunakan air hangat suam-suam kaku untuk membersihkan wajah.

  • Coba pembersih wajah yang berbentuk gel atau krim

Sabun mampu menyebabkan kulit kering dan tidak bisa menghapus seluruh kotoran yang ada di wajah. Sabun yang terlalu keras untuk kulit akan mengangkat lapisan minyak alami kulit dan justru memperjelas garis-garis halus yang ada di wajah. Sebagai gantinya, maka gunakan pembersih wajah yang berbentuk krim atau gel. Pembersih wajah jenis ini berfungsi untuk membantu pengelupasan kulit, membersihkan sisa make up bahkan pori-pori bisa tersumbat.

  • Pijak wajah dengan lembut

Jangan terburu-buru ketika mencuci muka, pasalnya hal ini membuat kotoran dan minyak tidak hilang sempurna. Jika mendapatkan wajah yang bersih dan juga bebas kotoran. Maka luangkan waktu setidaknya beberapa detik untuk memberikan pijatan lembut pada wajah anda. Pijak daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak. Setelah itu anda bisa membilas dengan air sampai bersih.

  • Gunakan lap untuk mengeringkan wajah

Lap yang lembut bisa membantu pengelupasan kulit mati, membersihkan make up dan kotoran yang menempel pada wajah. Setiap malam, celupkan kain lap dalam air hangat, peras sedikit serta tempel kan pada wajah, leher dan dada untuk bisa membuka pori-pori. Bersihkan bagian tersebut secara perlahan, jangan menggosokkan handuk ke wajah saat mengeringkan. Karena hal ini bisa membuat kulit wajah elastis.

Demikian beberapa hal penting yang perlu anda pertimbangkan jika ingin memiliki kulit bersih dan terawat. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan selamat mencoba.